Sertifikasi Biro Perjalanan Wisata

Pariwisata merupakan suatu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dari jaman dahulu kala. Kepariwisataan di Indonesia pada saat ini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pemasukan devisa negara. Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang pariwisata, ini dapat dilihat dari indahnya berbagai macam pemandangan alam, kebudayaan dan sejarah bangsa, festival-festival dan upacara-upacara daerah yang unik, berbagai macam seni lukis dan kerajinan tngan serta tempat yang sangat menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin mengunjungi daerah-daerah wisata tersebut.

Seiring dengan berkembangnya industri pariwisata di Indonesia, banyak penyedia jasa perjalanan wisata yaitu Biro Perjalanan Wisata (BPW) untuk menunjang kegiatan kepariwisataan. Biro perjalanan wisata (BPW) merupakan kegiatan usaha yang bersifat komersil yang mengatur, menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama untuk berwisata.

Jasa perjalanan wisata semakin lama semakin berkembang pesat menjadikan persaingan diindustri jasa perjalanan wisata kian kompetitif. Dengan meningkatnya potensi pariwisata di Indonesia, tentunya harus diiringi juga dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung perjalanan wisata tersebut. Tentu saja hal ini perlu dicermati secara menyeluruh oleh pemilik usaha pariwisata khususnya pemilik usaha perjalanan wisata. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan usaha dan sebagai nilai tambah usaha perjalanan wisata adalah dengan terstandarisasinya sistem, sarana dan prasarana melalui kegiatan Sertifikasi Usaha Perjalanan Wisata.


Mengapa Sertifikasi Itu Penting

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata telah membuat regulasi yang mengatur hal tersebut yaitu melalui Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 8 Tahun 2014 perubahan atas Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 4 Tahun 2014 tentang Standar Usaha Perjalanan Wisata. Melalui kegiatan Sertifikasi ini diharapkan industri perjalanan wisataan dapat meningkatkan mutu produk, pelayanan serta pengelolaan usaha.

PT. Sabira Mitra Sertifikasi sebagai Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata yang berbadan hukum bertekad untuk berperan aktif mendukung pemerintah dalam peningkatan mutu industri pariwisata khususnya Usaha Jasa Perjalanan Wisata melalui kegiatan sertifikasi usaha pariwisata.

.

Keuntungan Sertifikasi

Memenuhi Peraturan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menginstruksikan di dalam Undang - Undang dan Peraturan – Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yakni setiap pengusaha Pariwisata wajib menerapkan standar usaha pariwisata dalam menjalankan usaha pariwisatanya dan melakukan sertifikasi untuk mendapatkan Sertifikasi Usaha Pariwisata.

Menjamin Kualitas

Dengan melakukan sertifikasi maka mutu produk, pelayanan dan pengelolaan dapat terjamin. hal ini dikarenakan usaha pariwisata yang tersertifikasi telah sesuai dan memenuhi peraturan perundangan dan persyaratan standar usaha pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah.

Mendapatkan Pengakuan

Usaha pariwisata yang telah tersertifikasi maka akan mendapatkan pengakuan dan sertifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata yang ditunjuk oleh pemerintah dan telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Klasifikasi Usaha Perjalanan Wisata

Hal ini untuk menjamin bahwa pelanggan mendapatkan kualitas pelayanan Usaha Perjalana Wisata sesuai dengan klasifikasi.

Kepuasan Pelanggan

,Pelayanan dan pengelolaan usaha pariwisata yang dijalankan telah memenuhi peraturan dan standar usaha pariwisata yang ditetapkan. Sehingga pemenuhan kepuasan pelanggan terjamin

error: Content is protected !!